HARI PERTAMA UAMBN BK MASANEGA

HARI PERTAMA UAMBN BK MASANEGA

Gondanglegi. Senin, 2 April 2018. Mulai pagi ini seluruh siswa di tingkat madrasah tsanawiyah melaksanakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). Yang membedakan dengan tahun-tahun sebelumnya, ujian kali ini menggunakan komputer.

Ada lima mata pelajaran yang diujikan dalam UAMBN BK, yaitu Al Qur'an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab.

MTsN 1 Malang mempersiapkan 4 lokal yang digunakan sebagai tempat ujian, yang masing-masing ruang terdiri dari 40 peserta. Karena banyaknya jumlah siswa yang melebihi 300 dan ditambah dengan siswa dari madrasah lain, tiap kali ujian dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 - 09.00,sesi kedua 10.00 - 11.30, dan sesi ketiga pukul 13.00-14.30.

Di hari pertama belum menemukan kendala dan semoga di hari-hari berikutnya juga. Hal ini karena persiapan yang matang dari tim MASANEGA. Mulai dari perlengkapan ujian, seperti laptop dan penunjang lainnya. Sebagai informasi, kesiapan laptop yang ada sebagian besar adalah swadaya dari anak-anak MASANEGA. dan beberapa pinjaman dari bapak ibu guru.

Di tiap paginya, anak-anak diajak untuk Istighasah mulai pukul 6.15 untuk memperkuat mental saat ujian. Dengan dipimpin oleh Waka. Humas, H. Masduki, tampak khidmat dan khusyuk. Ikut serta juga para guru mendampingi.

 Kepala Madrasah di hari pertama ini juga memberikan penguatan agar anak-anak lebih percaya diri dan yakin terhadap kemampuan sendiri serta selama ujian dilaksanakan untuk selalu menjaga kesehatan. Dikarenakan dalam sebulan ke depan, siswa kelas 9 akn ditempa dengan ujian-ujian., dimulai hari ini dengan UAMBN.

Semoga seluruh siswa siswi MTsN 1 Malang selalu dilimpahi rahmatNya dan dilindungi selama ujian sehingga mendapatkan hasil yang terbaik bagi dirinya, keluarganya, dan juga untuk madrasah tercinta, MASANEGA. (Amir)

KARYA WISATA RELIGI 2018

Pagi itu , Kamis 29 Maret 2018 tampak beberapa bis berderet rapi di tepi jalan  depan MTsN 1 Malang. Bis-bis tadi adalah sarana transportasi yang mengangkut siswa siswi  kelas 7 yang hendak melaksanakan kegiatan karya wisata religi. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan dalam bentuk Outlearning / pembelajaran Tematik yang dikoordinir oleh guru-guru dari Rumpun Agama dan Rumpun Bahasa  Arab.  Adapun yang objek yang menjadi tujuan karya wisata kali ini antara lain : makam Sunan Drajat,makam Sunan Bonang, makam Sunan Ampel, Masjid Namira dan WBL (Wahana Wisata Bahari Lamongan). Kegiatan yang dilakukan para siswa di objek tujuan tadi antara lain adalah : melakukan ziarah dengan praktek membaca yasin dan tahlil, melakukan  praktik sholat jama’ dan qashar serta berwisata.

Rombongan karya wisata religi sampai kembali di madrasah pada hari kamis pagi, tanggal 30 Maret 2018 dengan selamat dan membawa kesan positif atas terlaksananya kegiatan karya wisata pada tahun ini.

JELANG UJIAN AKHIR KELAS IX MASANEGA GELAR DO’A BERSAMA

Menghadapi pelaksanaan berbagai ujian  akhir untuk kelas IX, MTsN 1 Malang menyelenggarakan kegiatan do’a  bersama. Acara yang melibatkan MTs se wilayah kecamatan Gondanglegi ini diselenggarakan pada hari Rabu, 28 Maret 2018. Masjid Masanega (MTsN 1Malang) siang itu dipenuhi oleh para undangan yang terdiri dari para siswa/siswi MTs se wilayah kec. Gondanglegi beserta para orang tua dan guru-gurunya. Turut hadir dalam kegiatan ini Drs.H.Imron, M.Ag selaku kepala kantor kementerian agama kabupaten Malang. Dalam sambutannya, beliau berpesan kepada para siswa untuk lebih rajin belajar dan berdo’a dalam menghadapi berbagai ujian akhir di tahun pelajaran 2017-2018 ini.

Selain berdo’a bersama, pada kegiatan ini para siswa/ siswi juga mendapatkan ceramah/ motivasi dari para muballigh diantaranya adalah KH.Muhammad Shodiq( dari Sumbermanjing Wetan)  dan KH.Ali Musthofa (gus Ali ) dari Ponpes Nurul Ulum Kebonsari kota Malang. Dalam motivasinya Kyai Shodiq meningatkan kembali kepada para siswa untuk senantiasa menggolarakan semangat “Man Jadda Wajada” dalam perjalanan mereka menuntut ilmu karena tidak ada sesuatu pun yang mustahil jika memang Allah menghendaki hal tersebut terjadi. Oleh karenanya para siswa diingatkan untuk menggantungkan cita-citanya setinggi langit seraya memaksimalkan usahanya.

Puncak dari acara adalah do’a bersama yang dipimpin oleh KH.Ali Mustofa (Gus Ali). Seluruh hadirin hanyut dalam untaian do’a yang dipanjatkan bersama. Para siswa, orang tua, para dewan guru banyak yang menitikkan air mata seraya berharap Allah SWT mengabulkan hajat-hajat mereka terutama demi kesuksesan pelaksanaan ujian akhir tahun pelajaran 2017-2018.Acara do’a bersama diakhiri dengan mushofahah para siswa dengan orang tua, para guru, serta para kyai sembari meminta restu untuk kesuksesan melaksanakan ujian akhir.

PSIKOTEST BAGI CALON SISWA BARU

PSIKOTEST BAGI CALON SISWA BARU

 

GONDANGLEGI. Ahad, 25 Maret 2018. Sejak pukul 6 pagi tadi calon wali dan siswa berangsur-angsur datang di lingkungan MTsN 1 Malang. Tampak raut wajah yang kebingungan menggelayuti para calon peserta ujian karena ujian yang akan dihadapi bukanlah ujian mengerjakan soal pada umumnya. Kebanyakan dari mereka belum tahu sama sekali bentuk tes yang akan dikerjakan.

Diawali dengan pengarahan oleh ketua panitia, Bapak Handik Kusmanto, ujian yang sedianya akan dilaksanakan mulai pukul 07.30. Beliau menjelaskan sedikit tentang jadwal dan tahapan yang harus dilewati oleh calon peserta didik sehingga dinyatakan diterima di MASANEGA.

Psikotes ini diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang (UM) yang sudah menjadi partner selama beberapa tahun ke belakang dalam penerimaan peserta didik baru di MTs ini. Ringkasnya, psikotes ini dilakukan di samping untuk mengetahui bakat dan minat alon siswa, juga sebagai tolak ukur sejauh mana tingkat kecerdasan otak baik dari segi IQ, SQ, dan ESQ.

Tips dari ketua panitia, saat menghadapi ujian ini setiap peserta didik jangan grogi dan harus percaya diri sehingga dapat melalui ujian dengan baik dan lancar.

Dibantu oleh para anggota OSIS para peserta setelah acara pembukaan diarahkan menuju ke ruangan masing-masing. Dari jadwal kegiatan psikotes ini berlangsung sekitar 3 jam lamanya. (Amir)